Senin, 30 April 2012

Manusia dan Penderitaan

    Manusia dibalik kesempurnaan dari pada makhluk lainnya, ternyata dalam kehidupannya manusia tidak sesempurna dalam bentuk fisiknya, ini dibuktikan dalam kehidupan manusia pasti ada dan tidak akan pernah luput yang namanya masalah,penderitaan dan kesengsaraan, masalah ini muncul dan datang dalam kehidupan manusia itu sendiri seperti masalah kemiskinan, masalah pendidikan, masalah di dalam kerjaan, masalah di dalam pergaulan dll. Untuk penderitaan bentuknya bisa bermacam-macam bisa penderitaan fisik maupun batin, dalam penderitaan fisik contohnya adalah kelaparan,kehausan,kesakitan,kecacatan dan masih banyak lagi dan untuk penderitaan batin pasti kita tau yang namanya trauma, trauma ini muncul dari suatu kejadian yang menyakitkan dan tidak akan pernah lupakan seumur hidup, kita akan terus mengingat kejadian menyakitkan itu yang terus hadir di dalam pikiran kita, penderitaan batin ini sangat susah untuk di hilangkan karena si penderita merasakan bahwa kejadian yang di alaminya itu merupakan kejadian yang terburuk yang pernah mereka alami.
    Penderitaan berasal dari kata derita yang berasal dari bahasa sansakerta dhra artinya menahan atau menanggung. yang dimaksud menahan disini yaitu menahan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan akan dialami oleh semua orang  karna itu merupakan resiko kehidupan. Penderitaan sifatnya relatif. Karena sesuatu yang dianggap seseorang sebagai penderitaan belum tentu dianggap penderitaan pula oleh yang lainnya, contoh yang nyata  adalah kemiskinan yang dialami rakyat indonesia, dan kasus yang paling memilukan adalah kasus kelaparan yang menimpam masyarakat miskin kita, ini terjadi karena mereka tidak mempunyai uang untuk membeli bahan pokok seperti beras dan lauk pauknya, mereka sangat menderita karena harus memakan makanan yang seharusnya tidak layak untuk dimakan manusia seperti nasi basi atau aking dengan lauk seadanya, mungkin lauk yang mereka ambil dari bekas-bekas orang makan seperti di tong sampah, mereka tidak peduli makanan itu sehat atau tidak yang penting perut terisi ‘kenyang’ mereka juga tidak memperdulikan kesehatan mereka mungkin dengan terlalu sering memakan makanan yang tidak layak kesehatan tubuh akan terganggu. Sebenarnya sih mereka sangat menderita memakan makanan yang tidak layak seperti itu, tapi ya mau bagaimana lagi, yang penting mereka bisa bertahan hidup bagaimanapun caranya yang harus di tempuh.
    Manusia dan penderitaan sangat erat hubungannya, karena manusia hidup di dunia ini pasti akan merasakan yang namanya masalah, penderitaan dan kesengsaraan, ini semua adalah cobaan Allah SWT dan kita sebagai makhluknya dapat berusaha dan berjuang agar bisa terlepas yang namanya dari masalah dan penderitaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar