1.
Jelaskan
pengertian organisasi dan macam organisasi ?
Organisasi berasal dari bahasa
Yunani, yaitu ὄργανον, organon-alat adalah suatu kelompok orang
dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat
atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan
sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam
memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang
digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian
organisasi sebagai berikut :
l Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola
hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan
mengejar tujuan bersama.
mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap
perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu
sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity)
sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif
dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
l MATTHIAS AROEF
Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang
bekerja bersama sama untuk mencapai tujuannya.
l PFIFFNER dan SHERWOOD
Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam
mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan
terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang
lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan
semula secara sistematis.
l BAKKE
Organisasi merupakan sebuah sistem yang
kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang
dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang
terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam
suatu keseluruhan pemecahan persoalan.
l ALLEN
Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan
pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan
wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan - hubungan dengan maksud
untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan
yang ditetapkan.
l ROSENZWEIG
Organisasi dapat dipandang
sebagai :
ü Sistem
sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok
ü Integrasi
atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama
ü Orang-orang
yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama
l ERNEST DALE
Sebuah struktur organisasi harus
memuat 5 hal, sebagai berikut :
ü Daftar
pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi
ü Membagi
jumlah beban kerja dalam tugas-tugas atau biasa disebut pembagian kerja
(devision of work)
ü Menggabungkan
tugas-tugas dalam keadaan yang logis dan efisien atau departementalisasi
(departmentalization)
ü Menetapkan
mekanisme untuk koordinasi
ü Menetapkan
mekanisme untuk koordinasi
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi
oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama
dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.
Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya
oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan
sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga
menekan angka pengangguran.
Ø Macam-Macam Organisasi
Macam-macam organisasi dari segi tujuan :
l Organisasi
Niaga
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan
utamanya mencari keuntungan. Macam-macam Organisasi Niaga:
ü Perseroan
Terbatas (PT)
ü Perseroan
Komanditer (CV)
ü Firma
(FA)
ü Koperasi
ü Join
Ventura
ü Trus
ü Kontel
ü Holding
Company
Beberapa
tipe organisasi niaga , sebagai berikut :
1.
Badan Usaha /
Perusahaan Perseorangan atau Individu
Perusahaan perseorangan adalah badan usaha
kepemilikannya dimiliki oleh satu orang. Individu dapat membuat badan usaha
perseorangan tanpa izin dan tata cara tententu. Semua orang bebas membuat
bisnis personal tanpa adanya batasan untuk mendirikannya. Pada umumnya
perusahaan perseorangan bermodal kecil, terbatasnya jenis serta jumlah
produksi, memiliki tenaga kerja / buruh yang sedikit dan penggunaan alat
produksi teknologi sederhana. Contoh perusahaan perseorangan seperti toko
kelontong, tukang bakso keliling, pedagang asongan, dan lain sebagainya.
2. Perusahaan / Badan Usaha Persekutuan / Partnership
Perusahaan persekutuan adalah badan usaha yang
dimiliki oleh dua orang atau lebih yang secara bersama-sama bekerja sama untuk
mencapai tujuan bisnis. Yang termasuk dalam badan usaha persekutuan adalah
firma dan persekutuan komanditer alias cv. Untuk mendirikan badan usaha
persekutuan membutuhkan izin khusus pada instansi pemerintah yang terkait.
ü Firma
Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang
terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya
terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
ü Persekutuan
Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap
CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang
didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama
dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. Satu pihak
dalam CV mengelola usaha secara aktif yang melibatkan harta pribadi dan pihak
lainnya hanya menyertakan modal saja tanpa harus melibatkan harta pribadi
ketika krisis finansial. Yang aktif mengurus perusahaan cv disebut sekutu
aktif, dan yang hanya menyetor modal disebut sekutu pasif.
3. Perseroan
Terbatas / PT / Korporasi / Korporat
Perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang
memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung
jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau
perseorangan yang ada di dalamnya. Di dalam PT pemilik modal tidak harus
memimpin perusahaan, karena dapat menunjuk orang lain di luar pemilik modal
untuk menjadi pimpinan. Untuk mendirikan PT / persoroan terbatas dibutuhkan
sejumlah modal minimal dalam jumlah tertentu dan berbagai persyaratan lainnya.
l Organisasi
Sosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk
oleh anggota masyarakat. Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
ü Jalur
Keagamaan.
ü Jalur
Keagamaan.
ü Jalur
Kepemudaan.
ü Jalur
Kemahasiswaan.
ü Jalur
Kepartaian & Kekaryaan.
l Organisasi
Regional dan Internasional
1. Organisasi
Regional
Organisasi Regional adalah organisasi yang luas
wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
2. Organisasi
Internasional
Organisasi Internasional adalah organisasi yang
anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.
Macam-macam organisasi internasional, sebagai
berikut :
ü UN
= United Nation = PBB (1945)
ü UNICEF
= United Nations International Childrens Emergency Fund (1946), namun namanya
diganti setelah thn 1953 menjadi: United Nations Children’s Fund.
ü UNESCO
= the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (16
November 1945)
ü UNCHR
= United Nations Commission on Human Rights (2006), dan sebagainya.
2.
Jelaskan
bagan struktur Organisasi ?
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan
hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau
perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.
Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan
antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi
dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan
wewenang siapa melapor kepada siapa.
Empat elemen dalam struktur organisasi, yaitu :
ü Adanya
spesialisasi kegiatan kerja
ü Adanya
standardisasi kegiatan kerja
ü Adanya
koordinasi kegiatan kerja
ü Adanya
koordinasi kegiatan kerja
Gambar
bagan struktur organisasi, diantaranya :
ü Bagan
Horizontal
mengapa bagan tersebut di katakan horizontal karena
pada bagan tersebut jika semakin banyak jabatan-jabatan yang di buat dalam
perusahaan tersebut maka bagan ini akan semakin luas menyamping.
ü Bagan
Vertikal
Bagan vertikal adalah kebalikan dari bagan
Horizontal. Bagan Vertikal pada umumnya bagan ini jika dalam perusahaan banyak
sekali jabatan atau kepala-kepala bagian dari masing-masing divisi maka bagan
ini akan semakin panjang ke bawah.
ü Bagan
Lingkaran
berbentuk lingkaran karna mungkin dalam suatu
perusahaan memang sangat memiliki perbedaan tersendiri dalam menyusun
bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut oleh karena itu banyak sekali model
bagan yang terbentuk. pada model bagan ini jika setiap penambahan anggota maka
bagan ini akan bertambah diameternya dan semakin membesar.
Bagan ini sangat mudah digunakan karna bentuknya
seperti Piramid yang menempatkan bagian-bagian dalam perusahaan yang paling
tertinggi di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan di letakan MID dan
untuk Office Boy di letakan pada Bagian LOWER.
3.
Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Organisasi ?
1.
Leadership
Kepemimpinan meliputi proses memproses dalam
menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai
tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Kepemimpinan
mempunyai kaitan yang erat dengan motivasi. Hal tersebut dapat dilihat dari
keberhasilan seorang pemimpin dalam menggerakkan orang lain dalam mencapai
tujuan yang telah ditetapkan sangat tergantung kepada kewibawaan, dan juga
pimpinan itu dalam menciptakan motivasi dalam diri setiap orang bawahan, maupun
atasan pimpinan itu sendiri.
2.
Budaya
Adanya konsep budaya yang dikembangkan oleh pakar
oraganisasi menjadi bagian yang erat kaitannya dengan aspek-aspek pengembangan
organisasi. Maka muncullah istilah “Budaya Organisasi”. secara sederhana budaya
organisasi dapat didefinisikan sebagai nilai-nilai dan cara bertindak yang
dianut organisasi (beserta para anggotanya) dalam hubungannya dengan pihak
luar. Secara umum, perusahaan atau organisasi terdiri dari sejumlah orang
dengan latar belakang kepribadian, emosi dan ego yang beragam. Hasil
penjumlahan dan interaksi berbagai orang tersebut membentuk budaya organisasi.
3.
Iklim Organisasi
iklim organisasi merupakan karakteristik yang
membedakan satu organisasi dengan organisasi lainnya dan mempengaruhi
orang-orang dalam organisasi tersebut.
4.
Strategi
Struktur organisasi adalah salah satu sarana yang
digunakan manajemen untuk mencapai sasarannya. Karena sasaran diturunkan dari
strategi organisasi secara keseluruhan, logis kalau strategi dan struktur harus
terkait erat. tepatnya, struktur harus mengikuti strategi. Jika manajemen
melakukan perubahan signifikan dalam strategi organisasinya, struktur pun perlu
dimodifikasi untuk menampung dan mendukung perubahan ini. Sebagian besar
kerangka strategi dewasa ini terfokus pada tiga dimensi -inovasi, minimalisasi
biaya, dan imitasi- dan pada desain struktur yang berfungsi dengan baik untuk
masing-masing dimensi.
5.
Ukuran Organisasi
Terdapat banyak bukti yang mendukung ide bahwa
ukuran sebuah organisasi secara signifikan memengaruhi strukturnya. Sebagai
contoh, organisasi-organisasi besar yang mempekerjakan 2.000 orang atau lebih
cenderung memiliki banyak spesialisasi, departementalisasi, tingkatan vertikal,
serta aturan dan ketentuan daripada organisasi kecil. Namun, hubungan itu tidak
bersifat linier. Alih-alih, ukuran memengaruhi struktur dengan kadar yang
semakin menurun. Dampak ukuran menjadi kurang penting saat organisasi
meluas.
6.
Teknologi
teknologi mengacu pada cara sebuah organisasi
mengubah input menjadi output. Setiap organisasi paling tidak memiliki satu
teknologi untuk mengubah sumber daya finansial, SDM, dan sumber daya fisik
menjadi produk atau jasa.
4.
Efisien
dan Efektif sebuah Organisasi ?
Secara khusus
manajemen organisasi mempunyai dua tugas utama yaitu efektivitas dan efisiensi,
dimana :
ü effective
is to do the right something. Dimana efektif
merupakan pencapaian tujuan atau target.
ü efficiens
is to do the something right . sedangkan efisien
adalah cara dalam mencapai tujuan atau taget tersebut dengan memperkecil
pengeluaran atau pemborosan.
Sehingga
dalam menjalankan roda organisasi dengan menggunakan sedikit mungkin sumberdaya
namun mencapai tujuan yang maksimal.
5.
Organisasi
Berkembang ?
ORGANISASI YANG
BERKEMBANG ( dalam suatu perusahaan )
Dalam berorganisasi
semua berpikir bagaimana cara memperbesar organisasi. Organisasi itu sendiri
bisa dikembangkan dengan tiga cara seperti Kerjasama, Membuat Anak Perusahaan,
dan Go Publik. Tiga cara diatas biasanya digunakan oleh Organisasi niaga atau
Perusahaan :
l Kerjasama
Kerjasama atau bisa
disebut dengan Kooperasi yaitu praktik seseorang atau kelompok yang lebih
besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang
disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam
persaingan.
l Anak Perusahaan
Membuka anak perusahaan
salah satu cara yang bisa di gunakan, kita ingin membuka jasa pengiriman
paket/pos. Tapi sebelumnya perusahaan kita menjual peralatan elektronik maka
oleh itu kita bisa menciptakan sebuah anak perusahaan yang masih dalam
pengawasan perusahaan induk. Contoh BUMN memiliki beberapa anak perusahaan
seperti PAM, PLN, TELKOM.
l GO PUBLIK
Yang di maksud GO
PUBLIK adalah kita membuka pintu untuk Investor2/Masyarakat yang ingin ber
investasi. Perusahaan yang sudah GO PUBLIK disebut dengan Perusahaan terbuka.
Contoh sederhananya adalah perusahaan waralaba yang mengajak
masyarakat/investor untuk menanam saham atau membuka franchise.
Selain 3 cara diatas
ada pula faktor - faktor yang membuat organisasi harus berkembang agar bisa
bertahan.
l Kekuatan
eksternal
ü Kompetisi
yang semakin tajam antar organisasi
ü Perkembangan
IPTEK
ü Perubahan
lingkungan baik lingkungan fisik maupun sosial yang membuat organisasi berfikir
bagaimana mendapatkan sumber diluar organisasi untuk masa depan organisasi.
l Kekuatan
internal
ü Struktur
ü Sistem
dan prosedur
ü Perlengkapan
dan fasilitas
ü Proses
dan sasaran
ü Bila
tidak cocok akan membuat organisasi melakukan perbaikan. Perubahan organisasi
dilakukan untuk mencocokkan dengan kebutuhan yang ada.
DAFTAR
PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://carapedia.com/pengertian_definisi_organisasi_menurut_para_ahli_info484.html
http://irpantips4u.blogspot.com/2010/10/macam-macam-organisasi-struktur.html
http://organisasi.org/pengertian-struktur-organisasi-serta-empat-elemen-di-dalamnya-ilmu-pengetahuan-ekonomi-manajemen
http://mybase-blog.blogspot.com/2010/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
http://livein-balance.blogspot.com/2012/06/ya-berikut-adalah-penjelasan-tentang.html
http://candrarosdianto.blogspot.com/2012/10/organisasi-yang-berkembang.html
http://arhaadesin.blogspot.com/2012/10/perusahaanorganisasi-yang-berkembang.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar