Senin, 30 April 2012

Manusia dan Cinta Kasih

Menurut kamus umum Bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cintaadalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasihatau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cintakepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampirbersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapatdiartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruhbelas kasihan.
Menurut Dr. Abdullah cinta kasih merupakan perasaan jiwa dan gejolak hatiyang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya / sesuatu dengan penuh lembutdan kasih sayang.
Cinta kasih adalah perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertaidengan menaruh belas kasihan. Dengan denikian dua kata cinta dan kasih memiliki artitersendiri. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasihbersumber dari cinta yang mendalam. Cinta sendiri member arti memiliki perananpenting dalam suatu kehidupan, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupanperkawinan. Cinta juga bisa diartikan dalam arti lain yaitu pengikat yang kokoh antaramanusia dan tuhannya sehingga manusia menyembah tuhan dengan ikhlas, dan mematuhiperintahnya.
Erich Fromm dalam bukunya tentang seni mencinta mengatakan bahwa cinta itumemberi, bukan menerima. Dan memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi darikemampuan, dan yang terpenting dalam hal member adalah yang manusiawi. Kalaudiamati secara seksama bahwasanya dalam hal cinta sudah sepatutnya kita memberi,memeberi disini maksudnya adalah semua yang ada pada kita dan dia sedangmembutuhkan kita maka kita akan selalu ada untuknya. Dengan kata lain saling membutuhkan satu sama lain.
Hubungan manusia dan cinta kasih adalah karena rasa cinta kasih dan kasih sayang yang ada dalam diri kita sudah di tanamkan oleh Allah SWT sejak di dalam kandungan dan rasa cinta kasih sayang ini akan timbul di saat pada masa anak-anak dimana kita sangat mencintai sosok orang tua kita yaitu ayah dan ibu, rasa mencintai orang tua timbul dikarena orang tua yang kita sayangi berjuang untuk menghidupi kita dan berjuang untuk membesarkan kita agar menjadi anak yang dapat membahagiakan mereka tentu nya, rasa kasih sayang kita kepada orang tua dan rasa kasih sayang orang tua tidak akan pernah hilang, ini sudah menjadi sebuah takdir yang sudah di tentukan bahwa manusia diciptakan oleh Allah SWT sudah di berikan rasa kasih sayang dan cinta, apabila rasa kasih sayang ini tidak di berikan oleh Allah SWT maka hancurlah dunia ini, karena manusia yang tidak memiliki rasa kasih sayang akan bersifat jahat kepada antar sesama manusia, mungkin akan terjadi kasus pembunuhan dan pembataian besar-besaran jika dalam diri manusia itu sendiri tidak ada rasa kasih sayang dan cinta antar sesama manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar