Senin, 07 Oktober 2013

Pentingnya Bahasa dalam SI



Bahasa adalah sebuah alat komunikasi untuk menyampaikan sesuatu pesan tersirat dalam suatu ucapan yang memiliki makna dan maksud yang jelas serta mudah dipahami oleh si penyampai pesan (komunikator) atau si penerima pesan (komunikan). secara garis besar bahasa sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi. dalam penerapannya, menggunakan bahasa yang baik dan benar untuk berkomunikasi merupakan suatu hal yang harus diperhatikan, terutama bagi komunikator (penyampai pesan), bila si komunikator mampu berbahasa dengan baik dalam upaya penyampaian pesan kepada si komunikan (penerima pesan), maka pesan tersebut akan mudah dipahami oleh si komunikan. selain itu fungsi bahasa adalah sebagai alat mengekspresikan diri dalam upaya penyampaian ide dan gagasan. ada 2 cara manusia berkomunikasi yaitu berkomunikasi secara verbal yaitu (lisan/tulisan) contohnya : novel, koran, buku harian, mengeluarkan pendapat dimuka umum dll, kemudian berkomunikasi secara non verbal biasanya menggunakan symbol, kode, dan bunyi,  contohnya : rambu lalu lintas, sirine ambluance dll.

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
 Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.
 Menarik kesimpulan dari pengertian bahasa dan sistem informasi, bahwa bahasa sangat penting dalam sistem informasi. sistem infromasi merupakan suatu bentuk komunikasi sistem dimana suatu data diproses melalui bahasa semi formal dalam pengambilan keputusan dan tindakan yang akurat dan tepat dalam suatu sistem kerja.

NAMA : RANDI ADITIA WIGUNA (15111841)
KELAS : 2KA33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar