Selasa, 31 Maret 2015

Etika dan Profesionalisme

Pengertian etika :
Etika adalah ilmu tentang apa yang baik, apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral. Pengertian ini muncul mengingat etika berasal dari bahasa Yunani kuno "ethos"(jamak: ta etha), yang berarti adat kebiasaan, cara berkipikir, akhlak, sikap, watak, cara bertindak. Kemudian diturunkan kata ethics (Inggris), etika (indonesia).
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988, menjelaskan etika dengan membedakan tiga arti, yakni:
1.      Ilmu tentang apa yang baik dan buruk.
2.      Kumpulan azas atau nilai.
3.      Nilai mengenai benar dan salah.
Berikut ini beberapa Pengertian Etika Menurut para Ahli:
  • Menurut K. Bertens: Etika adalah nilai-nila dan norma-norma moral, yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. 
  • Menurut W. J. S. Poerwadarminto: Etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral).
  • Menurut Prof. DR. Franz Magnis Suseno: Etika adalah ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah dan pijakan pada tindakan manusia.
  • Menurut Ramali dan Pamuncak: Etika adalah pengetahuan tentang prilaku yang benar dalam satu profesi.
  • Menurut H. A. Mustafa: Etika adalah ilmu yang menyelidiki, mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran.


Pengertian profesionalisme :
Profesionalisme (profésionalisme) ialah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya ter­dapat pada atau dilakukan oleh seorang professional. Profesionalisme berasal daripada profesion yang bermakna berhubungan dengan profesion dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994). Jadi, profesionalisme adalah tingkah laku, kepakaran atau kualiti dari seseorang yang profesional (Longman, 1987).

Berikut ini adalah pengertian dan definisi profesionalisme:

·         Menurut Kiki Syahnarki
Profesionalisme merupakan "roh" yang menggerakkan, mendorong, mendinamisasi dan membentengi TNO dari tendensi penyimpangan serta penyalahgunaannya baik secara internal maupun eksternal.
·         Doni Koesoema A
Profesionalisme merupakan salah satu cara bagi guru untuk merealisasikan keberadaan dirinya sebagai pendidik karakter.
·         Onny S. Prijono
Profesionalisme merupakan kemampuan untuk memasuki ajang kompetisi sebagai antisipasi menghadapi globalisasi.
·         Pamudji, 1985
Profesionalisme memiliki arti lapangan kerja tertentu yang diduduki oleh orang - orang yang memiliki kemampuan tertentu pula.
·         Korten & Alfonso, 1981
Yang dimaksud dengan profesionalisme adalah kecocokan (fitness) antara kemampuan yang dimiliki oleh birokrasi (bureaucratic-competence) dengan kebutuhan tugas (ask - requirement).
·         Ahmad Bahar
Profesionalisme merupakan usaha suatu kelompok masyarakat untuk memperoleh pengawasan atas sumber daya yang berhubungan dengan suatu bidang pekerjaan.
·         Aholiab Watloly
Profesionalisme adalah sikap seorang "profesional" atau "profi".
·         Abd. Rahim & Abd. Rashid
Profesionalisme merupakan satu aspek penting dalam meningkatkan integriti sumber daya manusia.
·         Ahman Sutardi & Endang Budiasih
Profesionalisme adalah wujud dari upaya optimal yang dilakukan untuk memenuhi apa-apa yang telah diucapkan, dengan cara yang tidak merugikan pihak-pihak lain, sehingga tindakannya bisa diterima oleh semua unsur yang terkait.

Contoh kasus Etika dan Profesionalisme
            Di dalam sebuah perusahaan yang dibagi dalam beberapa divisi yaitu keuangan, kepegawaian dan pembelian. Setiap divisi memilki sebuah hak akses kepada user lain untuk setiap database divisi yang telah dipegang oleh tangan profesionalisme yaitu programmer atau orang yang ahli untuk memegang kendali penuh serta menjaga terhadap keintegritasan data yang masuk ke dalam database pada setiap divisi tersebut. hak akses yang diberikan programmer kepada user lain ada beberapa macam seperti Read, Write, dan Execute. Untuk Read adalah user lain diizinkan untuk membaca isi dari file tetapi tidak bisa melakukan perubahan isi file. Write mengizinkan user lain untuk dapat membaca dan melakukan perubahan terhadap isi file, termasuk menghapusnya. Execute mengizinkan user lain dapat mengeksekusi/menjalankan program (biasanya berupa script atau program). Kasus yang terjadi adalah ada seorang oknum dari bagian pembelian mencoba masuk ke dalam sistem database divisi keuangan dengan menghack atau mencuri data keuangan tanpa meminta hak otorisasi dari orang ahli yang berada divisi keuangan. Setelah  berhasil masuk ke dalam sistem, oknum tersebut mencoba merubah, menghapus, mengurangi atau menambah jumlah data keuangan yang berhubungan dengan pembelian bahan baku produksi agar data tersebut menjadi tidak terintegrasi. Oknum tersebut berfikir dengan merubah data keuangan dapat menghasilkan atau mendapatkan keuntungan (uang). Namun apabila perusahaan tersebut memiliki data back up (data cadangan) untuk setiap transaksi yang dilakukan perusahaan tersebut membuat usaha si oknum yang berasal dari divisi pembelian akan sia-sia. Dan oknum tersebut akan mempertanggung jawabkan perbuatannya karena telah berusaha melakukan tindakan pidana pencucian uang.

Kesimpulan :
Dari kasus di atas menunjukkan bahwa oknum yang berusaha melakukan tindakan ilegal dengan mencoba merusak atau mengubah data keuangan dalam database divisi keuangan merupakan tindaka tidak beretika karena menyangkut data keuangan yang sangat sensitif apabila terjadi perubahan-perubahan tidak wajar dalam sistem tersebut. Oknum tersebut telah menyalahgunakan keprofesionalismenya untuk tindakan pidana pencucian uang.

Saran :
Sebagai manusia yang memang mempunyai sikap yang tidak pernah puas terhadap sesuatu yang sudah diraih. Setidaknya si oknum tersebut harus berfikir bahwa tindakan tersebut salah dan sudah melanggar etika serta profesionalisme dengan memanfaatkan keahliannya untuk memperkaya diri atau mengkorupsi uang perusahaan. Banyak cara lain agar yang baik untuk memenuhi rasa tidak puas yaitu bekerja keras, rajin, ulet dan selalu optimism aka pintu rezeki akan selalu terbuka bagi orang-orang yang berusaha.

Sumber:
http://carapedia.com/pengertian_definisi_profesionalisme_info2108.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar