Rabu, 08 Oktober 2014

CONTOH PENERAPAN TELEMATIKA

Pada dasarnya telematika merupakan perpaduan antara konsep telekomunikasi dan informasi komputerisasi. Tingginya mobilitas masyarakat serta semakin cerdasnya masyarakan menilai suatu hal menjaditolak ukur dimana telematika yang kita kenal sudah berkembang sangat pesat dan sangat baik. Untuk kali ini pokok pembahasan akan lebih condong kepada pemberdayaan aparatur negara, pemerkayaan hidup masyarakat, penciptaan daya saing bisnis, pembangunan mengenai informasi dasar serta aplikasi telematika perlu dilihat dari setiap kebijakan, regulasi, dan penyelenggaraan yang di manfaatkan masyarakat.

            Perlindungan serta perhatian tentang hak kekayaan intelektual menjadi lebih tinggi serta upaya untuk memantapkan regulasi semakin mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Di pengaplikasian yang nyata dapat di perhatikan perkembangan yang menggembirakan dengan semakin meluasnya homepage, berkembangnya aplikasi-aplikasi berbasis bisnis seperti E-commerce, E-Banking, E-Brokerage, dan lain-lain.

 Berdasarkan perkembangannya, di Indonesia telematika memiliki tiga peran pokok, yaitu:
    1.Mengoptimalkan proses pembangunan,
    2.Meningkatkan Pendapatan,
    3.Pemersatu bangsa.

            Salah satu dari contoh pemanfaatan telematika dalam kehidupan nyata seperti dalam bidang pendidikan, misalnya dengan pengadaan perpustakaan elektronik. Perpustakaan yang umumnya berisikan  arsip buku setelah di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif sehingga dapat berinteraksi langsung dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.

            Untuk contoh lainnya adalah di bidang teknologi berkendara. Semakin tingginya mobilitas masyarakat terutama yang berada di wilayah perkotaan, layanan penunjang yang mampu membantu masyarakat untuk sampai ke tujuannya dalam waktu singkat menjadi suatu kebutuhan yang tidak terhindarkan. Toyota melihat peluang ini dengan mengembangkan layanan telematika pada bidang nya.  

            Saat ini, Toyota telah mencetuskan dua macam sistem teknologi telematika secara bergerak yang dapat diakses melalui telepon seluler, yaitu M-Toyota dan Toyota Navigation.
Toyota juga ikut dalam pengembangan perangkat keras serta Graphics User Interface (GUI) yang didesain khusus. Dengan layanan Toyota Genuine Accesories (TGA). Toyota juga mempermudah pengguna Toyota Navigation dengan memberikan update perangkat lunak tanpa dikenai biaya.
 Toyota-pun melengkapi layanan telematikanya dengan layanan Mobile Reward Exchange (MORE) yang dirancang dalam mobile platform untuk pengguna telepon seluler. Bagi konsumen yang mengikuti MORE akan mendapat informasi seputar M-Toyota dan info program.
            Seperti itulah contoh pengaplikasian maupun penerapan telematika yang dapat kita temui sehari-hari dari situ juga benar dapat kita simpulkan bahwa telematika sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia di jaman yang sudah modern seperti sekarang.


http://kevincoolz69.blogspot.com/2013/10/penerapan-telematika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar